Memecah Paradigma dan Mewujudkan Inklusi di Tengah Pandemi

Di tengah-tengah gemuruh yang terjadi di Nusa Tenggara Timur terkenal akan sebuah sisi keindahan alamnya. Adanya kondisi tersebut nyatanya ada sebuah sisi indahnya berupa munculnya berbagai macam gerakan untuk mengubah paradgma yang sudah melekat di pikiran masyarakat khususnya kepada para penyandang disabilitas. Dimana salah satu contoh gerakan tersebut dikenal dengan nama Gerakan Advokasi Transformasi Disabilitas Untuk Inklusi yang biasa disingkat dengan kata “GARAMIN NTT”. Sosok sang penggagas dari gerakan tersebut oleh seseorang yang dikenal oleh masyarkat dengan nama Elmi Sumarni Ismau dan lima sahabatnya. Ada banyak sekali gerakan secara nyata yang dilakukan oleh GARAMIN NTT salah satu contoh nyatanya berupa bagaimana kekuatan solidaritas dan tekad yang kuat dapat mengatasi berbagai rintangan khususnya saat di Indonesia sedang terjadi pandemi COVID-19 yang menyerang.

Melihat dari sisi tanggal khususnya saat jatuh di tanggal 14 Februari 2020 gerakan GARAMIN NTT secara resmi terbentuk di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Diawal-awal gerakan tersebut terdiri dari lima orang difabel dan satu anggota non-disabilitas. Pihak-pihak yang terlibat tersebut secara tekun dan bersama-sama membawa sebuah misi yang mulia yaitu mengubah pandangan masyarakat terhadap penyandang disabilitas. Dimana mereka memiliki tujuan agar dapat memecah stigma bahwa seseorang yang termasuk ke dalam penyandang disabilitas selalu membutuhkan belas kasihan dan harus di urus oleh dinas sosial. Sebaliknya melalui gerakan GARAMIN NTT mereka sangat menyakini bahwa para penyandang disabilitas memiliki potensi yang besar sebagai sosok pemimpin. Sosok pemimpin tersebut akan keluarg dari dalam diri para penyandang disabilitas keteika diberikan akses dan kesempatan sebesar-besarnya. Diakhirnya mereka dapat melakukan kontribusi secara maksimal dalam pembangunan yang berkelanjutan secara inklusif.

Saat melakukan aktifitasnya gerakan dari GARAMIN NTT tidak harus selalu memilih waktu yang tepat untuk bertindak tetapi selalu setiap saat bertindak. Bahkan saat pandemik COVID-19 menyerang pun kegaitan dari GARAMIN NTT tersebut tetap dilakukan. Dimana pada saat pandemik tersebut kegiatan yang dilakukan berupa pemberian edukasi tentang virus tersebut sambil memberikan bantuan pendampingan kepada para penyandang disabilitas yang ada di sekitaran Kupang NTT.

Ketika melakukan kegiatan dari GARAMIN NTT pastinya akan ada banyak sekali tantangan yang harus dilewati. Dari sekian banyak tantangan tersebut salah satunya berupa akses yang terbatas terhadap vaksinasi COVID-19. Disini para penyandang disabilitas banyak sekali yang belum memiliki e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) dan KK (Kartu Keluarga). Kedua dokumen tersebut merupakan sebuah persyaratan yang harus dapat dipenuhi oleh seseorang dalam menerima vaksinasi. Atas permasalahan tersebut maka pihak GARAMIN NTT mengambil sebuah inisiatif untuk dapat membantu permasalahan tersebut agar cepat selesai. Secara nyata oada GARAMIN NTT tersebut membuka akses selebar-lebarnya bagi para penyandang disabilitas. Sehingga diakhirnya para penyandang disabilitas tersebut akan mendapatkan vaksin COVID-19 yang dibutuhkan.

Jika melihat secara dekat aksi yang dilakukan oleh GARAMIN NTT tidak hanya begituh saja. Dimana pihak GARAMIN NTT juga terjun secara langsung dalam penanganan Badai Seroja yang terjadi di NTT sekitar bulan April 2021. Pada gerakan tersebut mereka tidak hanya berbicara saja tetapi benar-benar bertindak. Para relawan yang tergabung dengan GARAMIN NTT juga melakukan perjalanan yang cukup menantang melewati medang yang terjal. Dapat dikatakan bahwa tindakan tersebut merupakan bukti secara nyata bahwa pihak GARAMIN NTT memiliki kepedulian secara nyata tidak di dalam kata-kata semata.

Gerakan GARAMIN NTT merupakan sebuah harapan bagi ribuan penyandang disabilitas yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Dimana dalam mereka tersebut dalam menjalani kehidupan sehari-harinya selalu berjuang sangat keras untuk dapat menjalani kehidupan. Maka agar lebih nyaman dalam menjalani kehidupan tersebut dibutuhkan alat bantu. Fungsinya alat bantu tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup dan membantu mereka dalam berpartisipasi lebih aktif dalam berbagai macam kegiatan yang ada di masyarakat.

Selain itu pihak GARAMIN NTT juga selalu berupayah dengan sangat keras agar dapat benar-benar memastikan bahwa akses dan fasilitas yang dibutuhkan bagi para penyandang disabilitas di NTT tetap terjaga. Sehingga di ujungnya para penyadang disabilitas tersebut akan dengan mudah mengakses layanan publik dan berpartisipasi dalam kegiatan lainnya seperti sosial, ekonomi, sampai budaya.

Tidak hanya berfokus kepada aspek infrastuktur semata tetapi kegiatan yang dilakukan oleh GARAMIN NTT juga memprioritaskan akan peningkatan kapasitas terhadap kelompok diffabel yang ada di desa-desa. Secara nyata hal yang dilakukan seperti membuat berbagai macam pelatihan, workshop, sampai program pengembangan diri. Dengan demikian maka adanya GARAMIN NTT tersebut yakin bahwa dengan melalui peningkatan atas keterampilan dan pengetahuan akan membuat para penyandang disabilitas tersebut menjadi lebih mandiri dan berkontribusi secara positif di dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Dapat dikatakan bahwa adanya gerakan yang bernama GARAMIN NTT merupakan contoh yang nyata. Contoh tersebut atas bagaimana sekelompok individu yang peduli dan berkomitemen yang tinggi untuk dapat mengubah sebuah paradigma dan mewujudkan inklusi bagi para penyadang disabilitas. Para penyandang disabilitas tersebut harus berjuang sangat keras di berbagai macam rintangan termasuk salah satunya pada pandemik atau bencana alam.

Adanya gerakan tersebut mengingatkan bahwa inklusi bukanlah sebuah impian yang jauh dari sebuah jangkauan untuk merealisasikan. Tetapi sesuatu realitas yang dapat dicapai jika beberapa individu tersebut melakukan kerja sama dan bertindak secara bersama-sama. Semangat GARAMIN NTT harus menjadi sebuah inspirasi bagi semua orang untuk terlibat dalam upaya menciptakan sebuah masyarakat yang lebih inklusif. Artinya dimana setiap individu yang ada tanpa harus memandang bulu memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkontribusi ke arah yang lebih baik.#SemangatUntukHariIniDanMasaDepanIndonesia #KitaSATUIndonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menciptakan Keceriaan dan Petualangan Bersama Keluarga

Membuat Kegiatan Oreo 110th Birthday Celebration Saat Di Dalam Rumah